Kenakalan Remaja

Sudut Pandang Psikolog terhadap Kenakalan Remaja.


Jaman sekarang, kenakalan remaja sudah tidak asing lagi bagi kita semua. Bahkan kita bisa menemukan berbagai macam kenakalan remaja dapat kita temui. Untuk kesempatan kali ini, saya ingin membahas di blog ini mengenai sudut pandang seorang psikolog terhadap kenakalan remaja. Semoga bermanfaat untuk kita semua.



1. Pengertian Kenakalan Remaja.
Kenakalan Remaja adalah suatu tindakan yang melanggar aturan, norma atau hukum dilingkungan masyarakat yang merugikan orang lain dan penyebab utamanya adalah remaja atau masa transisi.

Kenakalan Remaja tentu sebagai suatu tindakan negatif yang harus dihindari, dicegah dan dihapuskan.

Kenakalan Remaja sendiri meliputi perilaku-perilaku yang menyimpang dari norma-norma yang berlaku, pelanggaran status, pelanggaran terhadap hukum pidana.


2. Jenis Kenakalan Remaja.
Kenakalan Remaja dibagi menjadi 2 bagian yang masing-masing memiliki beberapa jenis, yaitu sebagai berikut :

A) Kenakalan Remaja tingkat I
Kenakalan Remaja tingkat I adalah kenakalan yang sering terjadi dilingkungan masyarakat. Berikut jenis-jenis Kenakalan Remaja tingkat I, yaitu sebagai berikut :
※ Kenakalan biasa atau Pelanggaran status, yang meliputi bolos sekolah, pergi dari rumah tanpa pamit, suka berkelahi, suka keluyuran.
※ Kenakalan yang berjurus kepada pelanggaran, yang meliputi seperti membawa kendaraan belum cukup umur, membawa kendaraan belum mendapat KTP dan SIM.

B) Kenakalan Remaja tingkat II
Kenakalan Remaja tingkat II adalah kenakalan remaja yang sulit untuk di toleransi, bahkan tak jarang yang hingga sampai ke kuasa hukum. Berikut jenis-jenis Kenakalan Remaja tingkat II, yaitu sebagai berikut :
※ Kenakalan yang menjurus kearah penyalahgunaan, yang meliputi menggunakan obat-obat terlarang, meminum minuman keras, dan sebagainya.
※ Kenakalan yang menjurus kepada kejahatan, yang meliputi seperti mencuri barang milik orang lain, melakukan seks bebas.


3. Penyebab Kenakalan Remaja.
Kenakalan Remaja dapat disebabkan oleh 2 faktor, yaitu sebagai berikut :

A) Faktor Internal
Faktor Internal adalah faktor yang disebabkan oleh remaja itu sendiri.

B) Faktor Eksternal
Faktor Eksternal adalah faktor yang di sebabkan oleh lingkungan remaja itu.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lirik Lagu Mine - Bazzi

DAMPAK BELAJAR TERUS MENERUS

Serangan Panik